Kisruh PPDB Zonasi, Nadiem Makarim: Bukan Kebijakan Saya, Itu Kebijakan Pak Muhadjir -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kisruh PPDB Zonasi, Nadiem Makarim: Bukan Kebijakan Saya, Itu Kebijakan Pak Muhadjir

Senin, 31 Juli 2023 | Juli 31, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-31T01:38:37Z

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi bukan kebijakan yang dibuat olehnya.

Nadiem menyatakan bahwa kebijakan itu digagas oleh Mendikbud terdahulu, yakni Muhadjir Effendy yang kini menduduki kursi Menko PMK.

"Kebijakan zonasi itu bukan kebijakan saya. Itu kebijakan sebelumnya, Pak Muhadjir. Tapi itu kita sebagai satu tim merasa ini adalah suatu kebijakan yg sangat penting, yang sudah pasti bakal merepotkan saya," kata Nadiem saat menjadi pembicara saat acara 'Belajaraya' di Pos Blok A, Jakarta, Sabtu (29/7/2023).

Nadiem mengaku ikut terdampak setiap masa penerimaan siswa baru sebagai menteri yang melanjutkan kebijakan tersebut.

"Kita kena getahnya setiap tahun, karena zonasi. Tetapi kita semua merasa bahwa ini harus dilanjutkan karena penting. Mau se-repot apapun atau ibu- ibu yang sudah anaknya les bertahun-tahun untuk masuk tes itu, seberapa kecewanya pun, kalo kita tidak melakukan sistem zonasi ini dan tetap komit, itu sudah pasti kesenjangan itu tidak akan pernah tertutup," tuturnya.

Menurutnya, jika sistem zonasi tidak diberlakukan, akan terdampak kepada anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Pasti ya sudah anak-anak yang tidak mampu akan selalu harus bayar sekolah swasta. Yang sekolah swasta yang buat tempat anak-anak yang enggak bisa masuk sekolah negeri dan lain-lain," kata Nadiem.

Sebagaimana diketahui, kebijakan zonasi pada PPDB menuai polemik, sebab terdapat kecurangan dari calon peserta didik yang juga berdampak ke calon peserta didik yang haknya diambil.

Padahal, sistem ini bertujuan untuk menyamakan ratakan sekolah sehingga tidak adalah lembaga pendidikan negeri disebut sebagai favorit.

Sumber: suara
Foto: Rekam jejak Nadiem Makarim, mendikbudristek yang baru dikritik anggota DPR RI (Suara.com/Arya Manggala)
×
Berita Terbaru Update
close