Semua Partai Bisa Kompak Makzulkan Jokowi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Semua Partai Bisa Kompak Makzulkan Jokowi

Minggu, 30 Juli 2023 | Juli 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-30T10:23:04Z

Dari beberapa diskusi ada pandangan bahwa memang Jokowi terlalu powerfull sehingga semua partai dipaksa tunduk pada kemauannya. 

Bahkan ke partai Pdip saja yang menugaskan Jokowi sebagai Presiden, terlihat ada “upaya pembangkangan”. 

Ini jelas terlihat dari bahasa tubuh dan pidato Megawati jika bertemu dengan Jokowi. Beberapa kebijakan Jokowi tidak selaras dengan partainya

Partai pendukung lainnya dibuat tidak berdaya dan tidak bebas, semua langkah partai disandera. Itulah sebabnya banyak suara miring,  sehingga Ketua Partai lari-lari cari selamat, tapi tidak mau kehilangan rejeki. Partai ini tidak dapat bergerak, sudah digembok. 

Tidak salah jika arus bawah di partai pendukung Jokowi ini ingin lepas, tinggal keberanian para Ketuanya saja. 

Jadi sebenarnya partai pendukung ini ingin lepas dari jeratan Jokowi, tapi takut. Jadi jika Jokowi dimakdzulkan mereka akan senang sekali.

Sudah barang tentu bagi partai yang tergabung di Koalisi Perubahan, ini sangat menguntungkan. Upaya kecurangan dan penjegalan hilang seketika. Relawan tidak perlu “berperang” lagi dengan para buzzer istana.

Untuk kasus pemakzulan Jokowi, semua partai dapat bersatu, cebong, kampret dan kadrun juga akan bersatu. Ini memang di luar perkiraan.

“Persaingan sehat” akan terjadi manakala memilih presiden baru, tapi suasananya sudah berbeda. Pemilu tanpa Jokowi akan netral, jauh lebih baik.

Bagaimana dengan MK, tentu bisa diabaikan dalam proses Sidang Istimewa ini karena 2 hal. Pertama, Ketua MK adalah adik ipar Jokowi, artinya MK sudah tidak netral. 

Kedua seluruh Hakim MK sedang menghadapi masalah hukum, sehingga tentu akan melanggar etika jika MK bersidang dan keputusannyanya tentu tidak sah.

Kedua hal ini membuat MK tidak layak digunakan saat ini untuk ikut menentukan adanya Sudang Istimewa MPR. Cukuplah DPR usul dan MPR dapat bersidang.

Sepertinya rakyat sudah menunggu Sidang Istimewa ini, kita lihat partai mana yang akan ambil inisiatif

Bandung, 30 Juli, 2023

Oleh: Memet Hakim
Pengamat Sosial

Disclaimer: Rubrik Kolom adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan oposisicerdas.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi oposisicerdas.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.
×
Berita Terbaru Update
close