Fahri Hamzah Skakmat Koalisi Perubahan Anies dan Cak Imin: NasDem dan PKB di Pemerintahan Jokowi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fahri Hamzah Skakmat Koalisi Perubahan Anies dan Cak Imin: NasDem dan PKB di Pemerintahan Jokowi

Selasa, 19 September 2023 | September 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-19T16:28:14Z

Koalisi Perubahan melakukan manuver politik yang cukup tajam dengan mendeklarasikan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan bacapres-bacawapres di Pemilu 2024.

Hal ini turut mengubah formasi Koalisi Perubahan tersebut, yakni Partai Demokrat angkat kaki dan digantikan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan demikian kini Anies dan Cak Imin diusung oleh Partai NasDem, PKB, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun komposisi Koalisi Perubahan ini belakangan dikritik keras oleh politikus Partai Gelora, Fahri Hamzah. Dalam podcast-nya bersama Akbar Faizal, Fahri menilai gagasan perubahan ini sudah tidak relevan sebab 2 dari 3 partai tersebut berada dalam koalisi pemerintah Presiden Joko Widodo.

"Orang-orang ini kan menjadi membingungkan apabila bersama Pak Jokowi (tapi) membicarakan perubahan. Baik NasDem maupun PKB berada di dalam pemerintahan, terus kenapa kalian ngomong perubahan, kan kalian di dalam situ?" ujar Fahri, dikutip pada Selasa (19/9/2023).

Bukan hanya itu, Fahri juga menilai tokoh-tokoh di balik Koalisi Perubahan juga samar. "Sekarang kalau disebut perubahan, tidak berani juga bilang perubahan," ungkap Fahri.

"Apalagi ada fakta Pak Jokowi ternyata populer dan approval rate-nya tinggi, akhirnya kemudian nggak berani juga (bilang perubahan). Jadi apa ini semua?" imbuhnya.

Namun Fahri juga mengaitkan masalah ini dengan perkara presidential threshold, di mana koalisi dibentuk dengan kalkulasi soal mendapatkan tiket maju di Pilpres 2024.

"Karena koalisi tidak dibentuk untuk menyusun pemerintah dan koalisi itu hanya karena menghitung jumlah tiket bukan gagasannya, terjadilah kebingungan tentang merekrut orang," terang Fahri.

"Orang sudah melihat betapa mesranya Anies dengan AHY, tiba-tiba dalam hitungan hari berubah, langsung masuk pelaminan," imbuhnya merujuk pada Anies yang kini menggandeng Cak Imin.

Sumber: suara
Foto: Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah/Net
×
Berita Terbaru Update
close