Soal Mahfud MD Gagal Jadi Cawapres Jokowi, Ternyata Hasil Cawe-cawe Surya Paloh dan Cak Imin? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Soal Mahfud MD Gagal Jadi Cawapres Jokowi, Ternyata Hasil Cawe-cawe Surya Paloh dan Cak Imin?

Rabu, 27 September 2023 | September 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-27T09:09:10Z

Sebelum menjadi Menko Polhukam, Mahfud MD sempat hampir menjadi cawapres untuk Presiden Joko Widodo tahun 2019 silam.

Bahkan saat itu Mahfud disebut-sebut sudah memakai baju putih untuk mendampingi Jokowi sebagai cawapres, tetapi akhirnya batal dan digantikan oleh Ma'ruf Amin.

Hingga kini perkara alasan batalnya Mahfud menjadi cawapres Jokowi terus diperbincangkan. Namun belakangan cerita dari Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP Muhammad Romahurmuziy menjadi sorotan.

Seperti dilihat di video Shorts unggahan kanal YouTube @TotalPolitik, Romy mengungkap cerita di balik layar para elite partai koalisi Jokowi tahun 2019 terkait wacana Mahfud dijadikan cawapres.

Menurut Romy, saat itu Jokowi bertanya kepada para ketua umum parpol koalisinya. Termasuk di antaranya ada Partai NasDem, Partai Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Saya tanya kepada ketua umum partai politik, kepada bapak-bapak ketua umum begitu," ujar Romy menirukan pernyataan Jokowi saat itu, dikutip pada Rabu (27/9/2023).

"Pak Surya (Surya Paloh), bagaimana pendapat Pak Surya kalau saya mengambil Mahfud MD sebagai wakil presiden saya?" sambung Romy soal pertanyaan Jokowi kala itu.

Menurut Romy, Paloh saat itu langsung menjawab dengan tegas seperti berikut, "Mahfud MD adalah ketua tim sukses Prabowo tahun 2014, 4 tahun ini nggak ada keringatnya untuk kita, alasan apa kita mencalonkan dia sebagai wapres?"

Lalu Jokowi beralih bertanya kepada Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yang ternyata juga menolak bahkan mengancam akan menarik mundur dukungannya.

"Mahfud MD adalah orang yang mengusulkan pembubaran Golkar tahun 98. Saya mendapat pesan dari para senior, kalau Bapak tetap mencalonkan Mahfud MD, Golkar akan menarik diri dari pencalonan Bapak," ungkap Romy menirukan ucapan Airlangga.

Muhaimin Iskandar menjadi ketum berikutnya yang ditanya oleh Jokowi dan lagi-lagi penolakan lah yang didapatkan.

"Sikap PKB sikap PBNU, Pak, sampai hari ini Mahfud tidak dianggap sebagai orang NU," tegas Cak Imin kala itu.

Sumber: suara
Foto: Menko Polhukam Mahfud MD/Net
×
Berita Terbaru Update
close