6 Poin Deklarasi Tim Hukum Anies-Muhaimin: Tak Takut Tekanan hingga Lahirkan Pemimpin yang Tidak Cacat Konstitusi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

6 Poin Deklarasi Tim Hukum Anies-Muhaimin: Tak Takut Tekanan hingga Lahirkan Pemimpin yang Tidak Cacat Konstitusi

Selasa, 28 November 2023 | November 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-28T10:53:27Z

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mendeklarasikan Tim Hukum Nasional (THN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Senin, 27 November 2023. 

Dalam salah satu poin deklarasi yang dibacakan, Hamdan Zoelva menyatakan THN Anies-Muhaimin akan mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawal Pilpres 2024.

“Demi melahirkan pemimpin nasional yang bermartabat, bermoral dan tidak cacat konstitusi,” kata dia dalam acara deklarasi yang digelar di Lippo Kuningan, Jakarta Selatan itu.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan advokat dan ahli hukum yang menjadi anggota THN Anies-Muhaimin. 

Mereka mendeklarasikan tim tersebut di hadapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mereka dukung, yaitu pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Kami para advokat, ahli hukum dan pecinta keadilan yang tergabung di Tim Hukum Nasional pasangan Calon Presiden Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar dalam menghadapi Pilpres 2024,” kata Hamdan Zoelva.

Terdapat 270 advokat dan ahli hukum yang namanya terdaftar dalam THN Anies-Muhaimin. Tim hukum pasangan calon dari Koalisi Perubahan itu akan diketuai advokat Ari Yusuf Amir sebagai Ketua Umum THN. 

Adapun Hamdan Zoelva akan menjadi Ketua Dewan Penasihat THN Anies-Muhaimin. Selain itu, terdapat pula nama eks Jaksa Agung Muhammad Prasetyo yang menjadi Ketua Dewan Pengarah THN.

Terdapat enam poin dalam deklarasi THN Anies-Muhaimin yang dibacakan Hamdan Zoelva. Selain untuk melahirkan pemimpin yang bermartabat, bermoral, dan tidak cacat konstitusi, berikut adalah poin-poin lengkap deklarasi yang dinyatakan THN Anies-Muhaimin:

1. Akan bekerja secara profesional dan sungguh-sungguh dalam mengawal kepentingan hukum pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024;

2. Tidak takut menghadapi tekanan, ancaman, dan intimidasi dalam bentuk apa pun;

3. Tidak akan mentolerir kecurangan sekecil apa pun dan dalam bentuk apa pun demi tegaknya marwah pemilu dan demokrasi di Indonesia;

4. Akan melakukan advokasi, pendampingan, serta edukasi kepada seluruh relawan, saksi, dan masyarakat luas, agar segala bentuk kecurangan bisa diantisipasi dan ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku;

5. Mengawal dan memastikan bahwa seluruh tahapan Pilpres 2024 dilaksanakan dengan prosedur hukum yang benar, jujur, dan adil, sebagaimana komitmen Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar;

6. Mengajak seluruh anak bangsa untuk bersinergi dan berperan aktif mengawal Pilpres 2024, demi melahirkan pemimpin nasional yang bermartabat, bermoral dan tidak cacat konstitusi.

Sumber: tempo
Foto: Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva/Net
×
Berita Terbaru Update
close