Seruan MUI: Gunakan Produk Lokal, Boikot Produk yang Terafiliasi dengan Zionis Israel -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seruan MUI: Gunakan Produk Lokal, Boikot Produk yang Terafiliasi dengan Zionis Israel

Kamis, 16 November 2023 | November 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-16T10:15:22Z

Seruan untuk tidak menggunakan produk yang terafiliasi dengan zionis Israel kembali digaungkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kami mengajak masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Jadi, tak sebatas untuk umat Islam, untuk stop minum, makan, dan menggunakan produk yang terafiliasi dengan zionis Israel. Ini fatwanya jelas. 

Produk apa saja, silakan banyak bertebaran di medsos," kata Wakil Sekretaris MUI Ikhsan Abdullah di Kantor MUI Jakarta, Rabu (15/11).

Ikhsan mengingatkan, MUI telah mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Fatwa Haram Produk Pendukung Israel. 

Fatwa itu merupakan wujud nyata dukungan dari Indonesia terhadap penjajahan yang terjadi di Palestina.

"Wujud dukungan nyata dari ulama dan bangsa Indonesia yang cinta akan perdamaian dunia dan anti penjajahan dan untuk Palestina merdeka," ucap Ikhsan.

Menurut dia, warga Indonesia dapat mendukung Palestina dengan memberikan donasi dan memboikot produk-produk Israel. MUI pun menilai gerakan boikot akan melumpuhkan ekonomi para pendukung zionisme dan Israel.

Namun, masih ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang membuat pernyataan menyesatkan tentang seruan boikot produk oleh MUI. Salah satunya adalah isu tentang fitnah terhadap produk nasional yang sudah masuk pasar internasional seperti Mayora Group, Wings Group, dan Indofood Group.

Ikhsan justru menegaskan produk bernilai ekspor itu tentu harus didukung. Bila perlu seluruh dunia membeli produk perusahaan Indonesia. “Yang kita perangi sekarang adalah produk asing yang terafiliasi dengan Zionis Israel yang ada di Indonesia itu yang kita sekarang sedang lakukan boikot,” tandasnya.

Ikhsan menyampaikan, boikot lewat Fatwa MUI ini sekaligus mengajak masyarakat Indonesia untuk kembali lebih mencintai dan menggunakan produk lokal yang sepenuhnya milik warga negara Indonesia.

Menurut dia, gaung boikot ini harus menjadi momentum kemanusiaan dan kebangkitan ekonomi Indonesia. “Semoga masyarakat juga mengikuti anjuran ulama ini, agar tidak makan, minum dan menggunakan produk-produk yang terafiliasi (dengan Zionis Israel),” pungkasnya.

Salah satu produk buatan karya anak bangsa misalnya air minum dalam kemasan (AMDK) Le Minerale yang diproduksi PT Tirta Fresindo Jaya. Le Minerale merupakan produk 100 persen lokal dan pemilik perusahaan sepenuhnya adalah orang Indonesia.

Sumber: jawapos
Foto: Konferensi pers MUI di Jakarta, Rabu (15/11/2023) (ISTIMEWA)
×
Berita Terbaru Update
close