Tangan Anies Baswedan Bergetar saat Singgung Kasus Harun Al Rasyid di Debat Capres, Siapa dan Bagaimana Kronologinya? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tangan Anies Baswedan Bergetar saat Singgung Kasus Harun Al Rasyid di Debat Capres, Siapa dan Bagaimana Kronologinya?

Kamis, 14 Desember 2023 | Desember 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-14T00:46:49Z

Debat pertama Capres yang digelar di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Desember 2023, menjadi sorotan intens publik.

Ketiga calon presiden saling adu argumentasi, membahas visi misi, dan menyentuh sejumlah kejadian yang masih menyisakan tanda tanya.

Salah satu momen kontroversial terjadi saat calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyinggung kasus keadilan, khususnya membicarakan kasus Harun Al Rasyid dalam visi misinya.

Harun Al Rasyid adalah salah satu korban tewas dalam kericuhan pasca-Pemilu 2019.

Kehadiran ayah dari Harun Al Rasyid, yang turut mendukung AMIN, terlihat di barisan depan.

Harun Al Rasyid sendiri tewas akibat tembakan peluru saat demonstrasi pasca-Pemilu 2019.

Sebuah unggahan dikutip dari Twitter @AnggaPutraF pada Rabu, 13 Desember 2023, mencerminkan atmosfer debat tersebut.

"Tangan ABW bergetar tadi. Bukan karena tegang, tapi karena adrenalin. Mengontrol emosi. Baca speech kayak tadi, kebayang itu emosinya," cuit Angga.

Angga menyampaikan bahwa Anies membacakan pidatonya dengan penuh emosi, dan mengutip pernyataan Anies bahwa negara ini adalah negara hukum, bukan negara kekuasaan.

Anies juga menyoroti isu penangkapan dan penembakan gas air mata terhadap ribuan Gen Z dan milenial yang hanya mengkritik pemerintah.

"Milenial yang jadi calon wakil presiden itu hanya satu orang, sementara ribuan Gen Z dan milenial lainnya ditangkap dan ditembaki gas air mata hanya karena mengkritik pemerintah. Apa ini yang mau dilanjutkan? Tidak! Ini yang harus kita ubah," tegasnya.

Angga menegaskan bahwa ini bukanlah arah yang ingin diteruskan, dan perubahan diperlukan.

Kemudian, bagaimana kronologi kasus Harun Al Rasyid yang diangkat oleh Anies Baswedan?

Dilansir dari laporan ANTARA pada 5 Juli 2019, Harun Al Rasyid (15), menjadi salah satu korban tewas dalam kericuhan pasca-Pemilu 2019.

Remaja tersebut ditemukan tewas dengan luka tembak di lengan kiri yang menembus rongga dada di kawasan Slipi, Jakarta.

Brigjen Pol Dedi Prasetyo, pada saat itu, telah mengungkapkan ciri-ciri pelaku penembakan.

"Ciri-cirinya tinggi 175 cm, rambut panjang, kurus perawakannya. Menembak dengan tangan kiri, 11 meter jaraknya (penembakan), cukup dekat," ujar Brigjen Dedi.

Namun, pelaku tersebut masih buron hingga sekarang. Harun meninggal setelah nyawanya tak tertolong saat dibawa ke RS Dharmais, Jakarta Barat.

Harun, seorang pendukung Prabowo-Sandi, merupakan bagian dari kalangan yang kecewa terhadap hasil Pemilu 2019 yang memenangkan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Kasus ini menjadi salah satu sorotan karena pelaku penembakan belum berhasil ditangkap hingga saat ini, meninggalkan pertanyaan besar terkait keadilan dan penegakan hukum di Indonesia. 

Sumber: kilat
Foto: Capres Anies Baswedan. ( Youtube KPU RI)
×
Berita Terbaru Update
close