Ingin Tiru Korea Selatan, Komeng Ingin Rendang Bisa Menjajah Dunia -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ingin Tiru Korea Selatan, Komeng Ingin Rendang Bisa Menjajah Dunia

Kamis, 22 Februari 2024 | Februari 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-22T02:24:59Z

Komedian Komeng sangat yakin bahwa Indonesia dapat menjajah negara lain melalui kuliner maupun budaya yang ada di Tanah Air Indonesia.

Itu adalah salah satu ambisi Komeng dalam mencalonkan diri menjadi anggota DPD RI periode 2024 hingga 2029. Menurutnya, Indonesia bisa melebihi Korea Selatan.

"Saya ingin seperti Korea Selatan bisa menjajah negara lain dengan seni dan budayanya. Katanya pemasukannya dari seni dan budaya hampir double digit buat APBN," kata Komeng dalam sebuah wawancara di televisi.

Jawaban yang sama pun dilontarkan Komeng ketika ditanya oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya.

"Mampukah kita menyebarkan kebudayaan kita ke luar juga?" tanya Deddy Corbuzier.

"Ya mampu lah, Korea sama kita banyakan mana, pak, penduduknya? Masa otaknya nggak kalah banyak pak?" tegas Komeng, dikutip pada Rabu (21/2/2024).

Komeng pun mencontohkan Jepang yang menjajah Amerika dengan kuliner mereka.

"Itu pak, Jepang katanya habis dibom atom, oke Jepang santai-santai aja tuh mulai bekerja, tapi di Amerika pada makan sushi semua, pak. Apa Jepang nggak bales tuh cuma lewat makanan?" jelasnya.

Hal yang sama dapat dilakukan oleh Indonesia dengan mulai menyebarkan kulinernya. Terlebih, rendang diklaim menjadi makanan nomor satu di dunia.

Namun sayangnya, sangat sulit menemukan rendang di luar negeri. Beda halnya dengan sushi yang dapat dimakan di mana-mana.

Menurut Komeng, sudah sepantasnya pemerintah mendukung dengan turut mengenalkan kuliner-kuliner Indonesia ke negara lain.

"Rendang nomor satu di dunia, pak. Makanya, saya dari luar (pemerintahan) nggak bisa, apakah harus dari dalam nih?" imbuh Komeng.

Sumber: suara
Foto: Potret nyeleneh Komeng,calon anggota DPD RI di Instagram (Instagram/komeng.original)
×
Berita Terbaru Update
close