Ustaz Syafiq Riza Basalamah Lulusan Kampus Kota Nabi, Nasabnya Gak Main-main -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ustaz Syafiq Riza Basalamah Lulusan Kampus Kota Nabi, Nasabnya Gak Main-main

Jumat, 23 Februari 2024 | Februari 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-23T15:37:35Z

Profil Ustaz Syafiq Riza Basalamah ramai diperbincangkan setelah pengajiannya di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur dibubarkan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kamis (22/2/2023) malam. Kedua organisasi tersebut berada di bawah naungan organisasi Islam, Nahdlatul Ulama. 

Alasan penolakan dilatarbelakangi oleh indikasi ceramah yang akan dilakukan ustaz Syafiq bermuatan radikal. Padahal, wilayah Gunung Mas merupakan basis pesantren Nahdlatul Ulama. Masyarakat sekitar pun banyak yang beribadah mengikuti cara – cara NU.

Banser dan GP Ansor khawatir materi yang disampaikan Syafiq Riza Basalamah tak sesuai dengan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah yang dianut mayoritas masyarakat Kecamatan Gunung Anyar.

Awalnya GP Ansor dan Banser mendatangi Masjid Assalam Purimas ketika mendengar ustaz Syafiq Riza Basalamah akan berceramah di sana. Mereka mengirimkan surat penolakan. Mediasi juga dilakukan dengan pendampingan dari Polsek Gunung Anyar.

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar, Asyiqun Nahdli menyatakan semua pihak sepakat pengajian dibatalkan meski pada akhirnya acara tetap diadakan. Di sisi lain belum ada keterangan resmi dari Polsek Gunung Anyar maupun Masjid Assalam terkait pembubaran pengajian tersebut. 

Terlepas dari proses perundingan yang sudah berlangsung, benarkah Syafiq Riza Basalamah merupakan pendakwah dengan paham radikal? Jika dilihat dari latar belakang keilmuan, Syafiq Riza memang mendalami agama Islam sejak duduk di pesantren semasa kecil. 

Ustaz Syafiq mengawali pendidikannya di Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bondowoso. Lalu melanjutkan ke madrasah tsanawiyah pada 1993 dan madrasah aliyah di pesantren itu pada 1996. Setelah selesai sekolah, ia mengambil program Diploma 1 (D-1) di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta dan lulus pada 1998. 

Lulus dari LIPIA, Ustaz Syafiq diterima masuk Universitas Islam Madinah dengan terlebih dahulu mengikuti Program Bahasa (Syu'batul Lughah) di universitas tersebut. Ia selesai pada 1999. 

Dia lulus menempuh S-1 pada 2003, S-2 pada 2007 dan S-3 pada 2013 di Jurusan Dakwah Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah dengan semuanya meraih predikat cum laude.

Diketahui, nasab Ustaz Syafiq tersambung ke Hadramaut, Yaman. Bernama lengkap Syafiq Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim bin Zaid Basalamah. Basalamah adalah salah satu marga Arab Hadramaut, Yaman. Ustadz Syafiq menceritakan kakek buyutnya, Salim bin Zaid Basalamah berhijrah dari Yaman menuju Hindia Belanda sebelum 1900-an. 

Sumber: suara
Foto: Profil Ustaz Syafiq Riza Basalamah. [Tangkapan latar/Instagram @syafiqrizabasalamah]
×
Berita Terbaru Update
close