Apa Itu Gelar Doktor Honoris Causa? Tanpa Kuliah, Susi Pudjiastuti Mampu Mendapatkannya 2 Kali -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apa Itu Gelar Doktor Honoris Causa? Tanpa Kuliah, Susi Pudjiastuti Mampu Mendapatkannya 2 Kali

Jumat, 08 Maret 2024 | Maret 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-08T05:04:32Z

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, dikenal sebagai sosok yang tegas dan pemberani. Walau pernah menjadi menteri dan sekarang berstatus sebagai pengusaha, ternyata ia hanya lulusan SMP.

Calon ibu mertua dari Geoffrey Alain Gerald itu pun pernah dipaksa oleh Anies Baswedan untuk mengikuti ujian Kejar Paket C agar mendapat ijazah setara kelulusan SMA.

“Jadi kalau kemana-mana (ada yang bilang), ‘nggak ah, nggak mau Paket C’, gampang, nanti jawabnya, ‘lihat itu Ibu Susi aja Paket C’,” kata Anies, dikutip dari kanal YouTube METRO TV, Kamis (7/3/2024).

Namun, prestasi Susi Pudjiastuti membuatnya sampai mendapat gelar Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa (Dr. HC) meski tidak pernah kuliah.

Gelar Dr. HC tersebut diberikan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam bidang Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan pada November 2017 lalu.

Melansir laman resmi ITS Surabaya, Susi Pudijastuti dianggap berhasil mengemban tugas menteri selama era Presiden Joko Widodo.

Prestasi lain yang menjadi pertimbangan ITS dalam memberi gelar Doktor Kehormatan kepada Susi Pudjiastuti adalah karya tulisnya yang berjudul 'Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan'.

Susi Pudjiastuti dinilai dapat mengurai kompleksitas pengelolaan kelautan dan konservasi kelautan menjadi tulisan komprehensif melalui karya tersebut.

Sementara pada satu tahun sebelumnya, Universitas Diponegoro (Undip) juga memberi gelar yang sama karena kebijakannya dinilai berdampak baik terhadap lingkungan serta ekonomi.

Lalu, apa itu gelar Doktor Honoris Causa?

Berdasarkan laman hukumonline.com, Honoris Causa merupakan gelar kesarjanaan yang diberikan kepada orang yang memenuhi syarat tanpa perlu mengikuti serta lulus dari perguruan tinggi tersebut.

Gelar Dr. HC akan diberikan jika orang tersebut dianggap telah berjasa besar atau telah membuat karya luar biasa bagi ilmu pengetahuan sekaligus umat manusia.

Perlu diingat bahwa tidak semua perguruan tinggi dapat memberikan gelar Honoris Causa.

Sumber: suara
Foto: Mantan Menteri kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Instagram/@susipudjiastuti115)
×
Berita Terbaru Update
close