Disangka Arogan, Narapidana Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Justru Punya Perangai Sebaliknya, Begini Kesaksian Kalapas -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Disangka Arogan, Narapidana Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Justru Punya Perangai Sebaliknya, Begini Kesaksian Kalapas

Rabu, 22 Mei 2024 | Mei 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-22T01:14:30Z

Banyak yang mengira narapidana kasus pembunuhan Vina Cirebon adalah orang yang arogan karena telah melakukan tindak pidana yang keji.

Namun, siapa sangka jika justru perangai yang dimiliki para narapidana tersebut malah sebaliknya.

Yan Rusmanto, Kepala Lapas Kelas Satu Cirebon bahkan memberikan pernyataan yang seketika bisa membantah anggapan para narapidana tersebut adalah orang yang arogan.

Dalam wawancaranya di kanal YouTube TV One, Yan mengatakan jika para narapidana dalam kasus Vina adalah orang-orang yang sangat kooperatif.

"Kalau informasi yang beredar di masyarakat kan sepertinya mereka kesannya arogan dan lain sebagainya," kata Yan.

"Tapi yang kami lihat yang kami tahu, terutama saya selama berada di Lapas Kelas Satu Cirebon, mereka justru sangat kooperatif dengan pembinaan yang kami berikan," sambungnya.

Bahkan Yan mengatakan jika salah satu dari ketujuh narapidana itu mengikuti semua program pembinaan dengan baik.

Dan dari ketujuh orang tersebut semuanya memiliki sikap yang kooperatif selama berada di lapas.

Di sisi lain, Yan juga mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan, dimana sejak mereka masuk pertama kali hingga kini tidak pernah membuat pelanggaran.

Nama mereka dipastikan bersih dan tidak pernah masuk dalam catatan di buku register F atau yang disebut dengan buku pelanggaran.

"Mereka masuk ke Lapas Kelas Satu Cirebon itu tanggal 2 Juni 2017. Nah sejak itu sampai saat ini, kita bisa menyampaikan bahwa yang bersangkutan berkelakuan baik. Standarnya yang bersangkutan tidak pernah tercatat dalam buku register F atau buku pelanggaran," tuturnya.

Selain itu sikap mereka yang selama ini kooperatif dengan pembinaan juga merupakan bagian dari penilaian berkelakuan baik.

"Semua program yang kita berikan kepada mereka, baik pembinaan kepribadian, pembinaan kemandirian, semua diikuti dengan baik," terangnya.

"Bahkan hubungan mereka dengan sesama warga binaan pun apalagi dengan petugas juga sangat baik," tambahnya.

Mengenai pengakuan salah tangkap yang diungkapkan oleh eks terpidana yang telah bebas, Yan mengaku jika selama ini tidak ada penyampaikan mengenai hal itu.

Dia menduga jika selama di lapas terpidana pembunuhan Vina Cirebon sibuk dengan kegiatan pembinaan sehingga tidak sempat menyampaikan mengenai dugaan salah tangkap tersebut.(*)

Sumber: kilat
Foto: Narapidana kasus pembunuhan Vina Cirebon tak arogan, begini kesaksian Kalapas. (Tangkap layar YouTube TV One)
×
Berita Terbaru Update
close