May Day 2024, Massa Buruh Menyemut di Patung Kuda: Ganyang Kapitalis Birokrat! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

May Day 2024, Massa Buruh Menyemut di Patung Kuda: Ganyang Kapitalis Birokrat!

Rabu, 01 Mei 2024 | Mei 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-01T10:22:49Z

Ribuan buruh memadati kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat untuk memperingati Hari Buruh Sedunia alias May Day 2024, hari ini. 

Pantauan Suara.com, berbagai elemen buruh memadati kawasan Patung Kuda sekitar pukul 10.30 WIB. Ada 3 mobil komando yang ada di sekitar titik lokasi demonstrasi. 

“Hidup buruh, hidup buruh,” pekik salah seorang orator dari atas mobil komando.

Sejumlah pendemo pun tampak membentangkan poster berisi luapan keresahan mereka sebagai kelas pekerja.

Isi tuntutan dalam poster yang dibentangkan buruh di antaranya: Ganyang Kapitalis Birokrat!!!, Hukum Ketenagakerjaan Hanya Dagelan, Bongkar Mafia Ketenagakerjaan, Subsidi Petani dan Nelayan. 

Imbas aksi buruh yang menggelar May Day, sejumlah ruas jalan di kawasan Monas lumpuh total, tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Jalan yang sudah diblokade akibat aksi buruh ini di antaranya, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, serta Jalan MH Thamrin.

Dijaga Ribuan Personel Gabungan

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, sebanyak 3.979 personel gabungan dikerahkahkan dalam mengamankan jalannya aksi peringatan hari buruh.

“Perayaan Hari Buruh 2024 ini, setidaknya sebanyak 3.979 personel gabungan TNI-Polri juga dengan Pemprov DKI melakukan pengamanan sekaligus pelayanan terkait dengan kegiatan aksi buruh,” kata Susatyo, saat dikonfirmasi, Rabu.

Susatyo mengatakan, selain kawasan Patung Kuda, peringatan hari buruh juga bakal dilaksanakan di Stadion Madya Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, pihaknya memenemparkan personelnya dibeberapa lokasi yang menjadi pusat kegiatan peringatan.

“Pasukan sejak tadi pagi sudah setting, kemudian sudah disampaikan tidak bersenjata api untuk melakukan pelayanan kepada para buruh, termasuk apabila beberapa elemen akan melaksanakan aksi long march,” jelasnya.

Susatyo mengatakan, aksi peringatan ini bakal berlangsung hingga pukul 18.00 WIB.

Sumber: suara
Foto: Massa buruh saat memperingati May Day 2024 di kawasan Patung Kuda, Jakarta. (Suara.com/Faqih)
×
Berita Terbaru Update
close