Video Jokowi Minta Tolong Tom Lembong Jawab Pertanyaan Jurnalis Asing Viral Lagi: Saya Ngetes Menteri -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Video Jokowi Minta Tolong Tom Lembong Jawab Pertanyaan Jurnalis Asing Viral Lagi: Saya Ngetes Menteri

Minggu, 16 Juni 2024 | Juni 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-16T14:36:08Z

Video lawas yang memperlihatkan momen Presiden Joko Widodo alias Jokowi meminta tolong Tom Lembong untuk menjawab pertanyaan jurnalis luar negeri di forum internasional kembali viral di media sosial.

Sebagai informasi, kejadian Jokowi meminta tolong Tom Lembong untuk menjawab pertanyaan dari jurnalis ini terjadi saat orang nomor 1 RI itu menghadiri forum internasional Center for East Asia Policy Studies di Brookings, Amerika Serikat pada 2015 silam.

Video ini kembali diunggah akun X @/anonjawa pada Sabtu (15/6/2024). Akun ini mengunggah tayangan lawas ini untuk membalas cuitan netizen yang menyebut Jokowi tak suka memiliki anak buah yang punya kemampuan lebih jago darinya.

"Ril, dulu Jokowi pernah ditanya jurnalis asing dan enggak bisa jawab. Terus dia nyuruh Tom Lembong buat jawab, tapi si o** ini pakai minta speech-nya Tom jangan lebih panjang dari speech dia yang baca teks itu," ujar akun X tersebut, dikutip Minggu (16/6/2024).
Melalui video tersebut, tampak detik-detik saat Jokowi meminta Tom Lembong yang kala itu menjabat Menteri Pedagangan untuk menjawab pertanyaan mengenai dukungan pihak swasta dalam kemajuan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Saya ingin menguji menteri saya. Tolong jawab pertanyaannya, tapi jangan bicara lebih lama dari pidatoku," ujar Jokowi menggunakan bahasa Inggris.

Mendapatkan perintah dari Jokowi, Tom Lembong langsung menjawab pertanyaan tersebut dari kursinya. Eks Menteri Perdagangan itu menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur memerlukan kerja sama dengan pihak swasta.

Video lawas ini kini telah ditonton lebih dari 792 ribu kali. Ratusan komentar juga telah membanjiri unggahan akun X ini. Tak sedikit yang menyoroti gerak-gerik Jokowi saat meminta bantuan Tom Lembong.

"Kalau lihat video ini, enggak suka banget sama cara dia nunjuk Pak Tom, enggak sopan banget jujur," ujar netizen.

Selain beberapa komentar di atas, banyak juga netizen yang mengaku ikut merasa malu gara-gara tingkah Jokowi yang meminta tolong Tom Lembong menjawab pertanyaan di forum internasional.

"Malu banget lah ini, tapi dia enggak ada malu-malunya sampai sekarang," kata netizen.

"Gue aja malu lihat cara Jokowi begitu. Selevel presiden tapi gaya bicara dan gesturnya begitu," imbuh netizen.

"Malu banget ternyata kualitas Jokowi begini," komentar netizen lainnya lagi.

Sumber: suara
Foto: Presiden Joko Widodo/Net
×
Berita Terbaru Update
close