Wacana Duetkan Anies-Kaesang di Pilgub DKI Jakarta, Pengamat Sebut PKB Ingin Main Aman -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wacana Duetkan Anies-Kaesang di Pilgub DKI Jakarta, Pengamat Sebut PKB Ingin Main Aman

Kamis, 13 Juni 2024 | Juni 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-13T14:20:56Z

Wacana duetkan mantan Capres Anies Baswedan dengan putra Presiden Jokowi Kaesang Pangarep di Pilgub DKI Jakarta dimunculkan oleh PKB.

PKB secara resmi mengusung Anies Baswedan untuk maju Pilgub DKI Jakarta 2024.

Tak pelak wacana menduetkan Anies Baswedan - Kaesang Pangaerp memunculkan banyak spekulasi politik peta pertarungan untuk merebut kursi DKI Jakarta 1.

Dekan FISIP Universitas Pamulang Yusak Farchan menilai, duet Anies Baswedan - Kaesang Pangaerp di Pilgub DKI Jakarta merupakan wacana menarik.

Yusak Farchan mengatakan, dengan memunculkan duet Anies Baswedan - Kaesang Pangaerp, PKB punya kepentingan politik.

"PKB sepertinya ingin bermain aman dengan berusaha menduetkan Anies-Kaesang," papar Yusak Farchan kepada Kilat.com, Kamis 13 Juni 2024.

Lebih jauh, menurut pengamat politik Citra Institute ini, jika Anies Baswedan berpasangan dengan Kaesang, maka positioning Anies tidak lagi berhadap-hadapan dengan Jokowi atau kekuasaan.

"Jadi strategi menduetkan Anies dengan Kaesang merupakan jalan tengah atau titik kompomi atas kebekuan komunikasi politik antara Anies dan Jokowi selama pilpres," kata Yusak.

Hanya saja, terang Yusak, paket Anies-Kaesang beresiko membuat PDIP enggan bergabung karena ada variabel Kaesang-Jokowi. Begitu juga dengan Gerindra yang berpotensi tidak mendukung Anies.

Jika Anies-Kaesang maju, PDIP bisa saja bergabung dengan Poros Gerindra-Golkar dengan mendukung RK atau Ridwan Kamil.
Sehari sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta resmi mencalonkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) di Pilkada DKI Jakarta pada November 2024.

"Saya mendengar aspirasi dari tingkat ranting, DPC sampai DPW dan hasil verifikasi dari desk Pilkada DKI, maka PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk Bacagub periode 2024-2029," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah.

Menurut Hasbi, seluruh proses-proses pencalonan Pilkada untuk tahun 2024-2029 itu dilakukan.

"Puncaknya tanggal 8-9 Juni itu kita mengadakan raker desk pilkada DKI Jakarta di Puncak, Bogor untuk menentukan calon," kata Hasbi.

Siang ini diketahui Anies sambangi kantor DPW PKB di Jakarta Timur untuk menerima rekomendasi pencalonannya maju Pilgub DKI Jakarta. (*)

Sumber: kilat
Foto: Anies Baswedan (Instagram/@aniesbaswedan)
×
Berita Terbaru Update
close