Azmi Syahputra: Hakim Eman Sulaeman Pendekar Keadilan yang Jujur -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Azmi Syahputra: Hakim Eman Sulaeman Pendekar Keadilan yang Jujur

Selasa, 09 Juli 2024 | Juli 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-09T04:32:41Z

Gugurnya status tersangka pembunuhan Vina Cirebon, Pegi Setiawan menjadi momentum perlindungan hak konstitusional warga dijalankan dengan baik.

Demikian antara lain disampaikan Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra dalam merespons putusan praperadilan Pengadilan Negeri (PN) Bandung yang dikomandoi oleh Hakim Tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman hari ini, Senin (8/7).

"Selain monumental yang dinanti publik, ini juga sekaligus merupakan pengawasan horizontal untuk mencegah tindakan hukum aparatur yang melampaui batas," kata Azmi kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra/RMOL

Azmi juga berpandangan, putusan praperadilan tersebut menunjukkan peran kualitas Hakim dan ketegasan hukum acara pidana oleh Hakim Eman.

Sejalan dengan itu, Azmi mendukung langkah berani Hakim Eman. Sebab, putusan ini dilakukan dengan ideal, benar dan memuat rasa keadilan bagi korban maupun masyarakat.

"Hakim ini merupakan pendekar keadilan yang jujur dan konsisten. Putusan ini layak diapresiasi sebab berani dan tegas menyusun fakta maupun dalam pertimbangan hukumnya mengharmonisasikan keadilan dan kepastian hukum," tegasnya.

Azmi menekankan, keadilan sejatinya harus ada dalam hukum. Sebab hubungan hukum atau peristiwa hukum dalam masyarakat itu berwujud salah satunya melalui  putusan hakim.

"Putusan ini benar-benar mengusung semangat perlindungan terhadap hak asasi manusia dan nilai kebenaran," pungkasnya.

Sumber: rmol
Foto: Kolase Hakim Eman Sulaeman dan Pegi Setiyawan/Net
×
Berita Terbaru Update
close