Demo Buruh di Patung Kuda, Tolak PHK Industri Tekstil -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Demo Buruh di Patung Kuda, Tolak PHK Industri Tekstil

Rabu, 03 Juli 2024 | Juli 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-03T12:46:37Z

Ratusan buruh menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Rabu (3/7/2024). Dalam aksi tersebut, mereka menuntut penghentian pemutusan hubungan kerja (PHK) buruh tekstil.

"Cabut Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Said Iqbal juga meminta agar pemerintah melindungi industri dalam negeri, khususnya industri tekstil, kurir dan logistik, serta baja.

"Batalkan peraturan Dirjen Perhubungan Darat yang membolehkan aplikator atau platform online asing membuka usaha jasa kurir dan logistik," jelasnya.

Said juga mengemukakan, tuntutan untuk menyetop persaingan tidak sehat antara jasa kurir dan logistik asing yang dimiliki platform asing seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, dengan jasa kurir dalam negeri seperti J&T, Pos Indonesia.

Selain itu, Said juga meminta agar menghentikan ancaman PHK puluhan ribu buruh di industri kurir dan logistik, termasuk di Pos Indonesia.

“Komisi Pengawas Persaingan Usaha harus memanggil Shopee, Blibli, Tokopedia, dll, untuk melarang platform asing ikut bermain di usaha jasa kurir dan logistik,” katanya.

Sumber: suara
Foto: Aksi massa buruh di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024). [Suara.com/Faqih]
×
Berita Terbaru Update
close