Dua Hari Diretas, Kejati DIY Pusing Pulihkan Akun Instagram -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dua Hari Diretas, Kejati DIY Pusing Pulihkan Akun Instagram

Rabu, 17 Juli 2024 | Juli 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-17T15:51:13Z

Akun media sosial Instagram resmi milik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih dalam proses pemulihan. Hal itu menyusul aksi hack atau peretasan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab sejak dua hari lalu.

"Ini baru proses pemulihan," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati DIY Herwatan saat dikonfirmasi, Rabu (17/7/2024).

Hingga pukul 14.00 WIB siang tadi, unggahan soal tebus murah Iphone masih terpampang di halaman utama akun tersebut. Masih sama seperti kemarin, ada dua unggahan soal tebus murah itu.

"[Unggahan tebus murah] Enggak bisa di-takedown [turunkan paksa]," ujarnya.


Sebelumnya Kejati DIY telah meminta bantuan Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi (Daskrimti) Kejagung dan tim siber Polda DIY untuk pemulihan. Namun belum ada perkembangan terkait proses itu.

"Belum ada, kami sudah dibantu juga dari cyber Polda," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya akun Instagram @kejatijogja sudah terkena hack sejak dua hari lalu. Belum diketahui apa motif dan tujuan dari oknum tak bertanggungjawab tersebut.

Di sana hanya terlihat adanya dua unggahan yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab itu. Dua unggahan itu berisi tentang promo tebus murah hp merek iphone.

Sementara itu untuk unggahan lawas dari Kejati DIY masih ada di akun tersebut. Herwatan menyebut peretasan ini hanya dialami oleh akun Instagram saja.

Sementara untuk akun media sosial lain maupun website masih tetap aman. Pihaknya juga belum dapat memastikan apakah ada indikasi terkait pencurian data dalam aksi ini atau tidak.

Sumber: suara
Foto: Tangkapan layar akun Instagram Kejati DIY diretas dan sulit dipulihkan. (Instagram/@kejatijogja)
×
Berita Terbaru Update
close