Gerindra Lirik Kaesang untuk Pilgub Jateng: Keluarga Jokowi Allout Menangkan Prabowo -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gerindra Lirik Kaesang untuk Pilgub Jateng: Keluarga Jokowi Allout Menangkan Prabowo

Senin, 01 Juli 2024 | Juli 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-02T02:38:48Z

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan bahwa konstituen partai berlambang kepala garuda akan menyambut positif bila Kaesang Pangarep bersedia maju di Pilgub Jawa Tengah 2024.

Pasalnya, Keluarga Presiden Jokowi sudah all out pada Pilpres 2024 mendukung Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan menanggapi soal hasil survei mengenai adanya Jokowi Effect yang kuat di Pilgub Jateng. Terlebih, nama Kaesang juga elektabilitasnya tinggi.

"Iya saya pikir kalau Jawa Tengah, kan, kampungnya Pak Jokowi. Pak Jokowi besar di sana, keluarganya juga. Kemarin, keluarga besar Pak Jokowi all out memenangkan Pak Prabowo di Jawa Tengah."

"Jadi kalau mas Kaesang maju, saya pikir sambutannya pasti akan luar biasa dari konstituen kami," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2024).

Ia mengatakan, adanya hasil survei bisa jadi bahan pertimbangan Gerindra mengusung Kaesang di Pilgub Jateng.

"Bisa jadi. Nama Mas Kaesang kan muncul di mana-mana. Bagus surveinya. Di Jakarta juga sebagai cawagub, beliau muncul di konstituen kami. Di Jawa Tengah, demikian juga," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata dia, Gerindra dalam posisi menunggu saja saat ini soal peluang mengusung Kaesang.

"Jadi kami menunggu saja, apakah, yang paling penting dan pertama adalah yang bersangkutan berkenan atau tidak. Kalau ada sinyal yang cukup kuat misalnya yang bersangkutan berkenan, tentu kami akan bahas di internal partai kami dan di Koalisi Indonesia Maju," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil jajak pendapat untuk Pilkada Jawa Tengah 2024.

Top of Mind

Hasilnya, ada dua sosok yang menjadi top of mind atau paling diingat oleh responden. Yakni, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi dengan 5,2 persen Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep yang raih suara 2,5 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan, survei ini dilakukan selama 21-26 Juni lalu dengan melibatkan 1.200 sampel responden warga Jateng.

Dengan metode pertanyaan terbuka tanpa menyodorkan nama, mayoritas responden belum menentukan pilihan, tidak tahu, atau rahasia. Jumlahnya yang belum memilih ini jauh di atas lainnya di angka 78,7 persen.

"Pada simulasi top of mind, mayoritas belum menentukan pilihan. Sementara Irjen Pol Ahmad Luthfi paling banyak disebut 5,2 persen, kemudian Kaesang Pangarep 2,5 persen," ujar Djayadi dalam konferensi pers virtual, Minggu (30/6/2024).

Kendati demikian, Djayadi mengakui hasil survei ini masih jauh dari prediksi Pilkada Jateng. Apalagi, berdasarkan jajak pendapat yang sama, kebanyakan atau 16,1 persen responden memilih kandidat karena belum mengetahui nama lain.

Sumber: suara
Foto: Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman. (Suara.com/Bagaskara)
×
Berita Terbaru Update
close