Jika Ridwan Kamil Batal Nyagub, Pertarungan Pilkada Jakarta Cuma Berebut jadi Pendamping Anies? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jika Ridwan Kamil Batal Nyagub, Pertarungan Pilkada Jakarta Cuma Berebut jadi Pendamping Anies?

Senin, 15 Juli 2024 | Juli 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-15T15:12:05Z

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komaruddin menilai eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) adalah sosok yang mampu menandingi elektabilitas Anies Baswedan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024. Jika RK tak jadi maju, maka kemungkinan Anies bisa menang mudah.

Karena itu, pada akhirnya pertarungan politik di Jakarta yang terjadi nantinya malah hanya untuk memperbutkan kursi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) pendamping Anies. Saat ini, ada tiga partai yang ingin mengusung Anies, yakni PDIP, PKB, dan PKS.

Untuk PDIP dan PKB, dukungan terhadap Anies baru berasal dari partai tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta dan sedang diusulkan untuk disetejui oleh ketua partai. Sementara, PKS sudah mengajukan Anies berpasangan dengan Sohibul Iman.

"Ya kalau RK enggak jadi maju (Pilkada DKI), bisa jadi rebutan kursinya Cawagub (Aniesl)," ujar Ujang kepada Suara.com, Minggu (14/7/2024).

Namun, Ujang meyakini kemungkinan RK maju Pilkada sangat tinggi. Apalagi, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berisikan partai pendukung Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka perlu mengusung calon.

"Tapi saya tidak yakin RK tidak maju. Kalau RK tidak maju, tidak ada jagoan dari koalisi pemerintah yang diusung untuk lawan Anies. Jadi pilihannya ya rk maju dari KIM," jelasnya.

Kalaupun RK nantinya diinstruksikan Golkar untuk maju Pilkada Jawa Barat, dipastikan KIM akan berupaya mencari lawan sepadan untuk Anies.

"Pasti ada kandidat lain yang bisa melawan Anies. Seperti itu konstruksiknya. Enggak mungkin Anies dibiarkan sendiri, bisa menang. Tentu ada perlawanan dari KIM, kubu pemerintah," pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Ridwan Kamil dan Anies Baswedan [Gopos.id]
×
Berita Terbaru Update
close