Luhut Binsar Pandjaitan Terima Penghargaan Order of Union dari Presiden UEA: Saya Tak Pernah Nyangka -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Luhut Binsar Pandjaitan Terima Penghargaan Order of Union dari Presiden UEA: Saya Tak Pernah Nyangka

Jumat, 19 Juli 2024 | Juli 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-19T03:45:41Z

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Uni Emirat Arab (UEA) merupakan negara yang bersaudara.

Hal itu diungkapkan Luhut Binsar Pandjaitan ketika memberikan informasi tentang dirinya mendapatkan penghargaan Order of Union dari Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed al Nahyan.

Luhut Binsar Pandjaitan menjelasan sebelum berkunjung ke Uni Emirat Arab, dirinya sudah mendapat kabar akan dapat penghargaan dari Mohammed bin Zayed al Nahyan.

Akan tetapi kata Luhut Binsar Pandjaitan, dirinya tidak diberitahu kapan penghargaan itu akan diserahkan kepadanya.

"Sesaat setelah beliau menyerahkan penghargaan sipil tertinggi dari UAE, Order of Zayed kepada Presiden @jokowi, nama saya disebut sebagai penerima penghargaan Order of Union," kata Luhut, seperti dikutip kilat.com dari Instagram @instagram.com/luhut.pandjaitan, Kamis 18 Juli 2024.

Di hadapan Presiden Jokowi, Mohammed bin Zayed al Nahyan kata Luhut menyerahkan seperangkat medali emas lengkap dengan lencana kapadanya.

Luhut menjelaskan, penghargaan yang ia terima sebagai apresiasi atas upaya tulus dalam memperkuat hubungan strategis antara UAE dan Indonesia.

"Dengan penuh rasa hormat, saya sampaikan kepada beliau bahwa keberhasilan hubungan strategis ini tercipta berkat kerja keras dan kekompakan seluruh pihak," katanya.

Luhut mengaku dirinya tidak pernah menyangka bisa bisa mendapatkan penghargaan setinggi itu. Sebab, menurut Luhut, sepengetahuannya, kriteria penerima penghargaan Order of Union begitu tinggi.

"Harus selevel Presiden atau Raja, sementara saya hanyalah seorang menteri. Hingga saya ingat pembicaraan empat mata kami sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo,"

"Kalau dipikir-pikir pembicaraan kami saat itu seperti dua kawan yang terasa seperti saudara," katanya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan dia dan Presiden Jokowi hanya sedikit berbincang mengenai perkembangan kerjasama bilateral Indonesia dan UAE.

"Selebihnya beliau banyak bertanya tentang kabar keluarga serta kondisi kesehatan saya pasca sakit," katanya.

Tak lupa, Luhut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Mohammed bin Zayed al Nahyan, atas atensi yang diberikan selama menjalani pemulihan di Singapura.

"Sampai saya sembuh dan beraktivitas kembali," katanya.

Dalam peristiwa ini, Luhut mengatakan selama 10 tahun perjalanan membina hubungan kerjasama bilateral antara Indonesia dengan UAE, ia belajar satu hal yang penting.

"Bahwa rasa persaudaraanlah yang membuat hubungan keduanya saling menguntungkan," katanya.

Luhut berharap hubungan amat baik antara Indonesia dan UAE bisa menjadi inspirasi bagi negara lainnya.

"Kita boleh saling berkompetisi menjadi negara yang maju, tetapi jangan pernah lupa bahwa kita punya satu tujuan," 

"Menciptakan perdamaian dunia yang berkelanjutan dan berkeadilan untuk anak cucu kita di masa mendatang," tandasnya. (*)

Sumber: kilat
Foto: Luhut Binsar Pandjaitan Terima Penghargaan Order of Union dari Presiden UEA Mohammed bin Zayed al Nahyan. (instagram.com/luhut.pandjaitan)
×
Berita Terbaru Update
close