Muhammadiyah Terima Izin Tambang dari Bahlil Lahadalia, Rocky Gerung: Ketamakan Akhirnya Diperlihatkan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Muhammadiyah Terima Izin Tambang dari Bahlil Lahadalia, Rocky Gerung: Ketamakan Akhirnya Diperlihatkan

Selasa, 30 Juli 2024 | Juli 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-30T12:35:44Z

PP Muhammadiyah terima izin tambang yang sempat ditawarkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk para ormas keagamaan.

Muhammadiyah akhirnya menyusul Nahdlatul Ulama (NU) dalam menyepakati Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang berujung menuai pro kontra, salah satunya dari Rocky Gerung.

PP Muhammadiyah dan NU yang kompak terima konsesi tambang disebut pengamat politik Rocky Gerung sebagai sebuah ketamakan.

Muhammadiyah yang sempat dipuji gegara tak merespon konsesi tambang dari Bahlil Lahadalia kini terima pil pahit kritik dari publik.

Salah satunya Rocky Gerung yang lantang mengkritik aksi salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia tersebut.

Rocky Gerung yang sempat memberikan apresiasi terhadap Abdul Mu’ti dkk lantaran dianggap enggan merusak lingkungan imbas cuek terhadap tawaran IUP, kini berubah menjadi kritik pedas.

Rocky Gerung menilai bahwa Muhammadiyah dan NU sebagai kaki kebudayaan kini beralih ke wilayah bisnis merupakan ciri ketamakan.

“Dari segi teori politik kebudayaan, peristiwa ini disebut ketamakan walaupun diputuskan secara formil,” ungkapnya seperti dikutip Kilat.com dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Selasa, 30 Juli 2024.

Gerung juga menyindir bahwa institusi seperti Muhammadiyah dan NU di ujung pemerintahan Presiden Jokowi mengalami pembusukan.

“Menandakan bahwa yang kita sebut sebagai ketamakan itu akhirnya diperlihatkan,” imbuhnya.

Sejarah Muhammadiyah yang mulanya dikenal sebagai organisasi pedagang yang melawan Belanda juga turut dipertanyakan Rocky Gerung.

“Akhirnya orang melihat bahwa Muhammadiyah dari dulu memang suatu gerakan dagang, tetapi dulu dalam upaya untuk tandingi Belanda, itukan asal usulnya,” ujarnya.

“Kalau Muhammadiyah akhirnya merengek memperoleh ekonomi dari Jokowi itu apa poinnya?,” pungkasnya.

Akhirnya PP Muhammadiyah resmi menerima Izin Usaha Pertambangan melalui sidang pleno dilaksanakan 27-28 Juli di Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Demikian soal Muhammadiyah yang menerima izin tambang dan disorot oleh Rocky Gerung. (*)

Sumber: kilat
Foto: Rocky Gerung/Net
×
Berita Terbaru Update
close