Pendiri Kakao Corp Resmi Ditangkap Atas Dugaan Manipulasi Harga Saham SM Entertainment -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendiri Kakao Corp Resmi Ditangkap Atas Dugaan Manipulasi Harga Saham SM Entertainment

Rabu, 24 Juli 2024 | Juli 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-24T15:12:06Z

Pendiri Kakao Corp, Kim Beom-su (58) alias Brian Kim resmi ditangkap pada Selasa, 23 Juli 2024.

Penangkapan pendiri Kakao Corp karena adanya dugaan manipulasi saham SM Entertainment saat mengakuisisi agensi K-Pop tersebut.

Brian Kim dituding berkonspirasi menaikkan harga saham SM Entertainment untuk mencegah pengambilalihan oleh agensi saingan, Hybe Corp.

Jaksa Korea Selatan menduga Kim telah berkolusi dengan dana ekuitas swasta untuk membeli saham SM Entertainment yang senilai 240 miliar won ($173 juta) atau senilai Rp2,8 triliun.

Sebagai informasi SM Entertainment merupakan firma bakat musik terbesar kedua di Korea Selatan.

SM Entertainment telah menciptakan banyak artis musik ternama seperti, Super M, Aespa, BoA dan Red Velvet, Girls' Generation, HOT, EXO, Super Junior, SHINee dan NCT Dream.

Dilansir Kilat.com dari laman aljazeera.com pada Rabu, 24 Juli 2024, Hybe Corp batal membeli 14,8 persen saham di SM Entertainment setelah mengetahui harganya melonjak.

Hal tersebut membuat Kakao Corp dan anak perusahaannya berhasil mengakuisisi hampir 40 persen saham agensi K-Pop tersebut.

Jaksa menduga Kim ikut terlibat dalam skema manipulasi saham tersebut sehingga kini ditahan 20 hari ke depan.

Penangkapan itu dilakukan karena mereka khawatir Kim akan melarikan diri atau menghilangkan bukti.

Menurut kantor kejaksaan Seoul, seorang eksekutif Kakao lainnya dan kepala sebuah dana ekuitas juga telah didakwa dalam kasus yang sama.

Setelah berita penangkapan pendirinya, nilai saham Kakao Corp mengalami penurunan lebih dari 5 persen.

Padahal perusahaan raksasa di Korea Selatan tersebut berencana akan memperkenalkan layanan kecerdasan buatan (AI) baru tahun ini.

Dilansir Kilat.com dari laman variety.com pada Rabu, 24 Juli 2024, Kakao Corp mungkin juga akan mengalami kerugian besar jika Kim didakwa atau kemudian dinyatakan bersalah.

Pasalnya, kasus tersebut dapat membahayakan afiliasi perbankannya (KakaoBank), ekspansi dalam kecerdasan buatan, dan ekspansi ke luar negeri.

Menurut himpunan data terakhir pada Rabu, 24 Juli 2024, saham Kakao mencapai nilai KRW39.650, sehingga valuasi grup tersebut mencapai KRW17,5 triliun ($12,6 miliar) dimana Kim sebagai pendirinya memiliki 24% saham. (*)

Sumber: kilat
Foto: Pendiri Kakao Corp Kim Beom-su alias Brian Kim diamankan polisi Korea Selatan. (Tangkap layar YouTube Arirang News)
×
Berita Terbaru Update
close