Anies Baswedan Bakal Sulitkan Ridwan Kamil, Kalau Pendukungnya Lakukan Ini -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anies Baswedan Bakal Sulitkan Ridwan Kamil, Kalau Pendukungnya Lakukan Ini

Selasa, 06 Agustus 2024 | Agustus 06, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-06T02:35:31Z

Hingga kini, nama Ridwan Kamil dan Anies Baswedan menjadi magnet kuat dalam Pilkada Jakarta 2024.

Dua mantan kepala daerah tersebut saat ini masih berhitung kekuatan partai pengusung yang akan membawa mereka berkontestasi politik di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Mengukur pada kekuatan partai politik, Ridwan Kamil saat ini berada di atas angin, lantaran mendapat dukung gabungan partai politik propemerintah yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju alias KIM.

Bahkan, kekuatan tersebut bakal bertambah kuat dengan beredarnya kabar bakal bergabungnya dua partai politik yang berada di luar KIM hingga menjadi KIM plus. Sedangkan, Anies Baswedan hingga kini diusung NasDem, PKB dan PKS.

Melihat fenomena tersebut Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio memperkirakan pencalonan Ridwan Kamil bisa menjegal langkah Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Sebabnya, penguasa tidak ingin Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Kalau Anies tidak maju karena sudah diblok sama partai dan penguasa. Ya, Ridwan Kamil bisa melawan kotak kosong," kata pendiri lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) itu di Jakarta, Senin (5/8/2024).

Namun, hal tersebut bakal berbalik bila PDIP dan PKS bersatu mengusung Anies. Sebab, gabungan kedua partai politik di luar koalisi pemerintah ini bisa menyulitkan Ridwan Kamil untuk menang di Jakarta.

Hendri mengemukakan, menyatukan dua partai politik tersebut pun masih dirasa sulit karena perbedaan gerbong secara politik maupun ideologi dengan berkaca pada Pilkada 2017 dan Pilpres 2024.

Lantaran itu, ia menyarankan kepada pendukung Anies untuk meniru cara-cara yang dilakukan Pro Jokowi (Projo), yakni mendesak PDIP mendukung Jokowi.

"Kalau ini pendukung Anies memprovokasi PDIP dengan PKS," katanya.

Sumber: suara
Foto: Ridwan Kamil dan Anies Baswedan/Net
×
Berita Terbaru Update
close