Nekat Mendaki Gunung Dukono Saat Erupsi, Belasan Pendaki Akhirnya Diblacklist -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nekat Mendaki Gunung Dukono Saat Erupsi, Belasan Pendaki Akhirnya Diblacklist

Selasa, 20 Agustus 2024 | Agustus 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-20T16:05:59Z

Belasan pendaki viral saat nekat mendaki Gunung Dukono saat erupsi kini diblacklist, tidak boleh mendaki gunung tersebut hingga waktu tidak ditentukan.

Pasalnya, belasan pendaki tersebut nekat mendaki tanpa pemberitahuan. Padahal sebelumnya telah diberlakukan larangan untuk beraktivitas dalam jarak 3 kilometer dari kawah Gunung Dukono.

"Pengakuan dari pos pengamatan, tim pendakian tersebut tidak pernah menyampaikan informasi atau melaporkan diri untuk melakukan pendakian," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halmahera Utara, Hentje M.L Hetharia, dikutip Kilat.com melalui Kompas TV, Selasa, 20 Agustus 2024.

Aksi nekat dari belasan pendaki tersebut langsung diberi larangan untuk mendaki Gunung Dukono.

"Pada saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah memberikan larangan bukan lagi himbauan terkait dengan kegiatan pendakian tersebut," tegasnya.

Sebelumnya, viral video belasan pendaki nyaris diterjang abu vulkanik saat erupsi Gunung Dukono.

Beredar video yang memperlihatkan detik-detik saat erupsi Gunung Dukono. Namun yang jadi sorotan yakni ada segerombol pendaki yang bergegas lari menyelamatkan diri saat Gunung Dukono erupsi.

"Stop Summit ke kawah Dukono! Detik-detik pendaki hampir dihantam material erupsi ketika summit ke puncak Dukono pas moment 17 Agustus," ungkapnya, dikutip Kilat.com melalui akun Instagram @anak_esa, Selasa, 20 Agustus 2024.

Akun itu juga memberitahukan bahwa aktivitas Gunung Dukono sedang mengalami peningkatan, dengan material vulkanik yang terlempar dari kawahnya.

Para pendaki diimbau untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencapai puncak gunung.

"Ngeriii, aktivitas Dukono lagi tinggi hingga muntahan materialnya terlempar keluar dari kawahnya.

Sebelum summit, mari kita observasi dahulu. Arah angin, seberapa kuat erupsinya, serta pertimbangan lainnya.
Jangan memaksakan untuk summit ketika situasi tidak memungkinkan.

Jangan lupa, puncak adalah bonus. Pulang ke rumah dengan selamat adalah tujuan sebenarnya dari pendakian!" tulis akun @anak_esa. (*)

Sumber: kilat
Foto: Belasan pendaki yang nekat mendaki di Gunung Dukono saat erupsi kini diblacklist (Youtube Kompas TV dan Instagram @anak_esa)
×
Berita Terbaru Update
close