Apa Itu Pasukan Berani Mati Jokowi dan Benarkah Ada Apel Akbar? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apa Itu Pasukan Berani Mati Jokowi dan Benarkah Ada Apel Akbar?

Sabtu, 21 September 2024 | September 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-21T15:20:47Z

Berita tentang Pasukan Berani Mati Jokowi beredar luas di dunia maya. Mereka diisukan bakal memenuhi Jakarta pada tanggal 22 September 2024 sekaligus menggelar apel akbar. Bagaimana kebenaran kabar ini?

Sejumlah pemberitaan menyebutkan Pasukan Berani Mati Jokowi melibatkan setidaknya 20.000 orang. Mereka disebut-sebut dipimpin seorang bernama Sukodigdo Wardoyo.

Pasukan Berani Mati Jokowi itu dikatakan bakal memenuhi ibu kota pada tanggal 22 September 2024. Sontak, berita ini cukup mengagetkan warganet hingga mengundang perhatian.

Apa itu Pasukan Berani Mati Jokowi? Benarkah mereka diagendakan menggelar apel akbar di Jakarta? Berikut adalah ulasannya.

Awal Mula Cerita Pasukan Berani Mati Jokowi

Mengutip berbagai sumber, awal mula cerita adanya Pasukan Berani Mati Jokowi konon disampaikan Amien Rais. Ia adalah mantan Ketua MPR sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Amien Rais melalui salah satu channel Youtube Amien Rais Official menyebutkan bakal ada apel akbar yang diikuti setidaknya 20.000 pasukan berani mati.

Mereka dikatakan akan membela Jokowi dan disebut-sebut datang dari penjuru Indonesia. Amien juga menambahkan pemimpin Pasukan Berani Mati Jokowi adalah Sukodigdo Wardoyo.

"Tanggal 22 September besok jadi 20 hari lagi direncanakan akan ada apel besar-besaran di Jakarta yang akan diikuti, ini katanya, oleh sekitar 20.000 pasukan berani mati," beber Amien.

"Nah kata pimpinan pasukan berani mati itu namanya Sukodigdo Wardoyo, mereka punya komitmen dalam menjaga Jokowi dan keluarga dari anasir jahat yang ingin menjatuhkan Jokowi dari kekuasaan," lanjutnya.

Video tersebut diberi judul "AKSI BVN*H DIRI JKWI #jokowi" dan sudah disaksikan lebih dari 70 ribu kali sejak pertama kali tayang tanggal 9 September 2024.

Melalui unggahan yang sama, Amien Rais turut menyuguhkan sebuah tampilan seperti berita dengan judul "Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi Akan Mengadakan Apel Akbar September Ini".

Tokoh Muhammadiyah yang pernah menjabat Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu tidak menjelaskan lebih lanjut terkait apa itu Pasukan Berani Mati Jokowi.

Dalam keterangannya, Amien Rais hanya menjabarkan mereka terdiri dari sekitar 20.000 orang dan bersiap menggelar apel besar-besaran di Jakarta demi menjaga Jokowi serta keluarga.

Pasca beredarnya video Amien Rais yang mengatakan ada Pasukan Berani Mati Jokowi, publik kemudian dihebohkan dengan isi ceramah yang disampaikan Rizieq Shihab.

Rizieq Shihab memberi himbauan agar hati-hati pada tanggal 22 September 2024. Alasannya adalah terdapat kelompok yang menamakan diri sebagai Pasukan Berani Mati Jokowi.

Masih berdasarkan penuturan Rizieq, pasukan itu mencakup 20.000 orang. Ia bilang, mereka akan turun jalan menuju Patung Kuda Jakarta dan sejumlah lokasi lain.

"Saya mau berpesan. Hati-hati ada seruan tanggal 22 September, 4 hari lagi saudara, waspada, ada kelompok menamakan diri pasukan berani mati Jokowi," ujarnya, seperti dikutip akun Youtube VIVA.CO.ID dengan judul "Hadapi 20 Ribu Pasukan Berani Mati Jokowi, HRS: Mereka Rusuh Kita Habisi" dan tayang 19 September 2024.

"Mereka mengklaim ada 20.000 orang. Mau turun ke Jakarta, ke patung kuda, dan lain tempatnya," sambungnya.

Melalui sumber yang sama, Rizieq Shihab meminta agar tidak mengganggu. Kendati demikian, ia menegaskan agar mereka tidak membuat ricuh di Jakarta.

"Kita jangan usil. Kita jangan ngeganggu. Silakan mereka mau demo mau orasi mau berteriak itu hak mereka untuk menyampaikan pendapat. Betul? Tapi jangan coba-coba bikin rusuh di Jakarta. Jangan coba-coba bakar-bakar halte saudara. Jangan coba-coba bakar-bakar pom bensin saudara. Jangan coba-coba bikin kerusuhan saudara.

".......tapi kalau mereka mau bikin huru hara di Jakarta, coba-coba ganggu keamanan, bakar-bakar HP, hei umat Islam keluar dari rumahmu, bawa senjatamu, ganyang mereka, habisi di mana saja berada saudara," beber rekaman suara tersebut.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi terkait kebenaran adanya Pasukan Berani Mati Jokowi hingga kabar apel akbar di Jakarta yang konon melibatkan 20.000 orang.

Sumber: tirto
Foto: Presiden Joko Widodo/Net
×
Berita Terbaru Update
close