Kampus UIPM Thailand Diisukan Lakukan Penipuan, Dituding Bisa Dapat Gelar dengan Gunakan Uang -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kampus UIPM Thailand Diisukan Lakukan Penipuan, Dituding Bisa Dapat Gelar dengan Gunakan Uang

Senin, 30 September 2024 | September 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-01T00:02:38Z

Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand belakangan ini santer dipergunjingkan usai memberikan gelar doktor kehormatan atau Doctor Honoris Causa kepada selebritis ternama Raffi Ahmad.

Pasalnya, hal yang menyedot perhatian publik adalah tidak ditemukan adanya bangunan kampus UIPM Thailand, sebagaimana alamat lokasi yang tercantum di dalam website UIPM World.

Dalam situs UIPM World, perguruan tinggi cabang Thailand ini berada di Vibhavadi Rangsit 64 Yeak 3 Alley, Talat Bang Khen, Lak Si, Bangkok 10210, Thailand.

Namun, sayangnya, saat dilakukan penelusuran oleh seorang WNI yang tinggal di Bangkok, justru yang tampak hanyalah sebuah gedung hotel.

Terkait hal itu, WNI berinisial NIS itu meminta bantuan kepada temannya yang merupakan warga Thailand untuk memberitahukan isi informasi yang ada di dalam sebuah tautan video YouTube.

Adapun tajuk video yang dilampirkan dalam cuitan x itu adalah 'ชาวเน็ตขุดเพิ่ม หวั่นซ้ำรอย California University | The Expose Highlight'.

"Benar-benar penipuan. UIPM mengklaim bahwa jabatan akademis (misalnya assoc) akan diperoleh dari "prestasi sukses dalam pekerjaan atau menemukan hal-hal baru" bukan dari "pekerjaan akademis untuk universitas" berdasarkan organisasi," bunyi narasi dalam pesan dalam berbahasa Inggris, dikutip Kilat.com dari akun x @IbrahimNiar pada Senin, 30 September 2024.

Tak hanya itu, dalam pesan tersebut juga menyoroti dugaan lainnya, yakni dituding bisa mendapatkan gelar baru dengan menggunakan uang.

"Namun organisasi ini tidak memilikinya secara nyata. Sepertinya Universitas California. Anda bisa mendapatkan gelar baru dengan menggunakan uang," lanjut pesan itu.

Bahkan, rupanya perguruan tinggi UIPM itu dikabarkan telah meresahkan masyarakat Thailand itu sendiri.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan akan kebenarannya atas isu miring yang menyeret nama kampus UIPM Thailand tersebut. (*)

Sumber: kilat
Foto: Kampus UIPM Thailand yang memberikan gelar doktor kehormatan kepada Raffi Ahmad diduga lakukan penipuan (Foto: Twitter/@kemenperinRI)
×
Berita Terbaru Update
close