Pemilik Akun Fufufafa Tak Kunjung Diungkap, Analis IT Ini Bicara Faktor Anonimitas -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemilik Akun Fufufafa Tak Kunjung Diungkap, Analis IT Ini Bicara Faktor Anonimitas

Senin, 16 September 2024 | September 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-16T16:47:06Z

Pemilik akun fufufafa saat ini masih menjadi misteri di kalangan publik. Namun, analis IT dari ICT Institute Heru Sutadi baru-baru ini mengungkapkan adanya tantangan dalam mengungkapkan kepemilikan akun tersebut.

Heru Sutadi mengatakan munculnya akun fufufafa sejak hampir satu bulan ini tidak terlepas dari fenomena Pilpres di Indonesia pada 2014 silam.

Di mana pada saat itu kata Heru, masyarakat Indonesia belum mendapatkan edukasi etika dalam bermedia sosial. Kondisi tersebut ditambah dengan masuknya momentum Pilpres.

Akibatnya, berbagai unggahan kasar di media sosial terutama pada saat masa Pilpres 2014 bertebaran dan menyisakan jejak digital.

Untuk mendapatkan jawaban siapa pemilik akun fufufafa, Heru mengungkapkan sisi gelap media sosial yang dimana, anonimitas pengguna sangat tinggi.

"Laki-laki bisa jadi perempuan, perempuan bisa jadi laki-laki, anak kecil bisa jadi dewasa jadi memang tidak serta merta kita menduga yang perempuan itu adalah perempuan yang nulis," kata Heru seperti dikutip Kilat.com dari kanal YouTube KompasTV Senin, 16 September 2024.

Untuk itu, diperlukan satu upaya untuk melakukan pendalaman penelusuran terkait siapa yang menjalankan akun tersebut.

Heru lantas mengungkapkan tantangannya untuk membongkar pemilik akun tersebut. Dimana, di Indonesia terdapat fenomena satu akun yang tidak dijalankan oleh si penggunanya langsung, melainkan melalui admin.

Meski demikian, Heru menilai hal tersebut bukan tantangan berat khususnya bagi Kemenkominfo.

Pasalnya, Kemenkominfo memiliki SDM, perangkat mumpuni dan wewenang yang dilindungi oleh Undang-undang agar bisa membongkar kepemilikan suatu akun.

"Jadi dalam menelusuri jejak digital seseorang gitu ya ini kan biasanya kita melihat ini yang dipake itu foto apa sih misal pertama itu Kaskus, Kaskus itu kan ada di Indonesia, sehingga ini bisa dibuka nih, bisa minta ke Kaskus misalnya log file dari siapa yang mengakses pada jam-jam tersebut," tuturnya.(*)

Sumber: kilat
Foto: olase analis IT Heru Sutadi dan tangkap layar akun fufufafa (Foto: x.com/herusutadi dan x.com/VeronicaKoman)
×
Berita Terbaru Update
close