Warganet Iseng Cari Kampus Thailand yang Beri Raffi Ahmad Gelar Doktor, Malah Ketemu Hotel -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Warganet Iseng Cari Kampus Thailand yang Beri Raffi Ahmad Gelar Doktor, Malah Ketemu Hotel

Senin, 30 September 2024 | September 30, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-30T03:34:41Z

Raffi Ahmad tengah berbahagia setelah mendapatkan gelar Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa (Dr. HC). Kampus yang memberikan gelar tersebut adalah Universal Institute of Professional Management (UIPM) yang berlokasi di Thailand.

Namun gelar Doktor untuk Raffi Ahmad tersebut menuai pro kontra. Salah satu alasan pihak kontra menilai Raffi yang tidak pernah mengenyam pendidikan universitas kurang layak mendapat gelar Doktor.

UIPM lantas dicari tahu oleh warganet. Berbagai kejanggalan didapatkan, salah satunya diceritakan warga Indonesia yang tinggal di Bangkok, Thailand menggunakan akun X @IbrahimNiar.
Niar, panggilan akrab @IbrahimNiar, rupanya berusaha mengunjungi alamat UIPM yang tertera yaitu Vibharadi-Rangsit 64 Yeak 3. Namun yang ditemukan Niar bukan sebuah kampus, melainkan hotel.

"Sampe masuk dan tanya ke resepsionis terkait kebenaran alamat di website UIPM. Ternyata bukan kampus..." tulis Niar pada Minggu (29/9/2024).

Kendati begitu, masih terdapat kemungkinan lain lantaran kantor UIPM terletak di empat negara. Selain Thailand, UIPM juga berlokasi di Rusia, Amerika, dan Indonesia.

Kantor UIPM di Indonesia sendiri terletak di Plaza Summarecon Bekasi yang merupakan sebuah mal. Oleh sebab itu, kantor kampus UIPM masih dipertanyakan.


"Jadi yang bener office kampusnya ada di Bangkok atau Bekasi atau Russia atau US atau semuanya a @RaffiAhmadLagi?" tanya Niar.

Menanggapi penemuan akun @IbrahimNiar tersebut, warganet lain kembali mempertanyakan gelar Doktor yang disandang Raffi Ahmad. Muncul pula dugaan Raffi akan mendapat jabatan sehingga memerlukan gelar akademis.

"Penghinaan untuk dunia akademisi. Terlalu mudah politisi atau pesohor mendapatkan gelar DR (HC)," komentar akun @kizarukun899***.

"Lagian dia ngapain sih pake dapetin gelar itu, apa mungkin bakal dikasih jabatan," sahut akun @wie***.

Di kolom reply, ada pula warganet yang mencari alamat UIPM di Amerika Serikat melalui fitur maps di ponsel. Sama seperti di Thailand, alamat yang tertera adalah area pemukiman, bukan kampus.

"Yang di US juga kalo diliat di gmaps malah daerah perum... cuma ada rumah orang sama apartement, gak ada nama UIPM tertera di maps sama sekali. Ada yang bisa jelasin kenapa?" tanya akun @ebw***.

Raffi Ahmad sendiri telah menegaskan tentang gelar yang didapatnya tanpa harus kuliah. Melalui caption Instagram yang disunting, suami Nagita Slavina tersebut menceritakan cara mendapatkan gelar Doktor sepertinya.

"Gelar Honoris Causa /Gelar Kehormatan adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi/universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya tersebut," tulis Raffi Ahmad pada Jumat (27/9/2024) lalu.

Sumber: suara
Foto: Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)
×
Berita Terbaru Update
close