Bersurat ke DPR, Jokowi Pilih Wamenhan Herindra buat Gantikan Kepala BIN Budi Gunawan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersurat ke DPR, Jokowi Pilih Wamenhan Herindra buat Gantikan Kepala BIN Budi Gunawan

Selasa, 15 Oktober 2024 | Oktober 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-15T05:35:16Z

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengusulkan nama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Muhammad Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Usulan tersebut diajukan melalui surat presiden (Supres) bernomor R-51/Pres/10/2024 yang ditujukan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani tertanggal 10 Oktober 2024.

"Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN)," tulis surat tersebut dikutip Suara.com, Selasa (15/10/2024). 

Supres Jokowi usulkan nama Wamenhan Muhammad Herindra gantikan Kepala BIN Budi Gunawan. (tangkapan layar/ist)

Melalui surat yang diteken Jokowi, diketahui kepala negara sekaligus mengusulkan nama Herindra sebagai pengganti Budi Gunawan.

Berdasarkan ketentuan Pasal 36 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, diatur bahwa Kepala BIN diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah mendapatkan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Untuk mengangkat Kepala BIN, Presiden mengusulkan 1 (satu) orang calon untuk mendapatkan pertimbangan Dewan Perwakilan DPR RI.

"Sesuai ketentuan tersebut di atas dan dalam rangka penyegaran organisasi, bersama ini kami sampaikan Calon Kepala BIN atas nama Muhammad Herindra untuk menggantikan Budi Gunawan, guna mendapatkan pertimbangan DPR RI yang selanjutnya akan ditetapkan pemberhentian dan pengangkatannya dengan Keputusan Presiden," bunyi isi surat 

Surpres tersebut turut melampiran satu berkas.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Letnan Jenderal TNI (Purn) Muhammad Herindra. (Instagram/@kemenhanri)

"Sebagai bahan pertimbangan DPR RI, bersama ini kami lampirkan Daftar Riwayat Hidup Calon Kepala BIN dimaksud. Atas perhatian Ketua, kami ucapkan terima kasih," demikian bunyi surat tersebut.

Terpisah, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad belum mengungkap perihal siapa yang akan mengijuti fit and proper test calon kepala BIN.

"Ada deh," kata Dasco di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Sementara itu disinggung soal nama Herindra, Dasco hanya mengatakan DPR akan membacakan surpres yang dikirim Jokowi pada rapat paripurna.

"Nanti kan besok diparipurnakan, dibacain suratnya," kata Dasco.

Sumber: suara
Foto: Presiden Joko Widodo dan Budi Gunawan/Net
×
Berita Terbaru Update
close