Bikin Malu PDIP, 2 Bulan Jadi DPRD Solo Dipecat Gara-gara Korupsi Dana Atlet Cacat -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bikin Malu PDIP, 2 Bulan Jadi DPRD Solo Dipecat Gara-gara Korupsi Dana Atlet Cacat

Minggu, 13 Oktober 2024 | Oktober 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-13T02:31:22Z

Baru 2 bulan menjabat anggota DPRD Kota Solo, Kevin Fabiano (KF), terjerat dugaan korupsi dana hibah pembinaan atlet cacat yang dikelola National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Barat.

Kebetulan, KF adalah pelatih atletik di NPCI Jabar periode 2021-2023. Dalam kasus dugaan korupsi dana hibah dari Pemprov Jabar yang merugikan uang negara Rp5 miliar ini, KF berkolaborasi dengan bekas Ketua NPCI Jabar, Supriatna Gumilar (SG).

Di mana, SG juga terpilih sebagai anggota DPRD Jabar periode 2024-2029 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hanya saja, SG belum ditetapkan tersangka karena mangkir dari panggilan penyidik Kejati Jabar pada Kamis (10/10/2024).

Sedangkan KF langsung ditetapkan sebagai tersangka dan digelandang Rutan Kebonwaru, Kota Bandung, usai pemeriksaan selama 8 jam.

Atas perkembangan ini, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Solo, Kinkin Sultanul, angkat bicara. "Saya tahu baru saja, ini tadi dikirimi WA-nya. Otomatis, kalau sudah seperti itu diberhentikan," ucap Kinkin, dikutip dari Inilahjateng.com, Sabtu (12/10/2024).

Kinkin mengatakan, dengan adanya kasus tersebut, maka DPRD Kota Solo akan melakukan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD. Kendati demikian proses PAW masih menunggu hasil rapat dari Fraksi PDIP Kota Solo.

"Ya PAW mestinya, proses nya dari fraksi PDIP nanti akan mengusulkan siapa, lalu kami menyiapkan seremonialnya terkait dengan PAW," katanya.

"Nanti di bawahnya Mas Kevin siapa, dari dapil Banjarsari suara di bawahnya siapa? Kemudian yang di bawahnya langsung, apakah bersedia? Jika tidak bersedia, berarti di bawahnya lagi," imbuhnya.

Selain KF, Kejati Jabar menetapkan tersangka lain berinisial CPA, bekas Bendahara NPCI Jabar yang merupakan kepercayaan SG. Agak beruntung, CPA hanya ditetapkan sebagai tahanan kota.

Kini, Kejati jabar masih memburu sejumlah pihak yang diduga sebagai otak perampokan duit negara yang seharusnya digunakan untuk pembinaan atlet cacat di Jabar. Ya itu tadi, SG dan HH, eks DPRD Jabar yang kini naik kelas menjadi Anggota DPR Pusat dari PAN. 

Peran HH adalah memuluskan pengelolaan dana hibah atlet disabilitas dari Pemprov Jabar ke tangan NPCI. Diduga, dana tersebut digunakan sebagai dana politik di Pemilu 2024. 

Sumber: inilah
Foto: Kevin Fabiano (KF), Anggota DPRD Solo asal PDIP, tertunduk dan menangis setelah ditetapkan tersangka dan dibui karena diduga korupsi dana hibah NPCI Jabar. (Foto: Dok,Kejati.Jabar).
×
Berita Terbaru Update
close