Indonesia Akan Punya Tol Bawah Laut di Kawasan IKN Kaltim, Proyeknya Ditarget Mulai Tahun Depan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Indonesia Akan Punya Tol Bawah Laut di Kawasan IKN Kaltim, Proyeknya Ditarget Mulai Tahun Depan

Rabu, 02 Oktober 2024 | Oktober 02, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-02T16:50:09Z

Pembangunan jalan tol di Indonesia masih akan terus dilanjutkan.

Bahkan kabar terbaru menyebutkan kalau Indonesia akan segera punya tol bawah laut.

Rencananya tol bawah laut akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Proyek tol bawah laut ini pun ditargetkan akan dimulai tahun 2025 mendatang.

"Saat ini sedang dikaji masih desain, belum dibangun. Selain itu, masih dilakukan feasibility study (FS) atau studi kelayakan," kata Danis di Jakarta, mengutip dari RRI.

Menurut dia, Detail Engineering Design (DED) dari tol bawah laut IKN ini sedang dimatangkan oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR. Ditinjau dari DED-nya tol bawah laut ini pun disebut akan masuk ke segmen 4A-4B. Sementara itu masih menurut Danis, proses pembiayaan proyek tol bawah laut ini juga masih dipertimbangkan.

"Tergantung proses pembiayaannya ya, bisa saja nanti itu merupakan kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Apabila proyek tersebut menggunakan APBN, maka harus ditempuh tahapan lelang," sambungnya.

Sebelumnya, proyek tol bawah laut IKN ini juga sudah didengungkan oleh Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Wida Nurfaida. Wida Nurfaida sempat menyatakan kalau proyek ini akan menelan biaya sebesar Rp11 triliun. Selain itu disebut juga bahwa pemerintah Indonesia akan menggandeng Pemerintah Korea Selatan untuk menyelesaikan proyek tol bawah laut IKN.

Pembangunan tol bawah laut atau immersed tunnel ini disiapkan untuk menjadi bagian dari Seksi 4 Jalan Tol IKN. Nantinya pengguna jalan tol bisa menyeberangi Teluk Balikpapan di ujung jalan tol ketika menuju Kawasan KIPP IKN Nusantara. Mengutip ANTARA, tujuan dipilihnya konsep tol bawah air sendiri berkaitan dengan keinginan pemerintah melindungi fauna dan flora endemik yang ada di sekitar Teluk Balikpapan.

Makan dari itu pemerintah memilih konsep immersed tunnel ini alih-alih membangun jembatan, karena dinilai akan mengubah morfologi lingkungan.

Immersed tunnel sendiri sudah banyak diterapkan di negara luar, seperti di Geoje, Busan, di Korea Selatan, juga Fehmarn di Eropa.(*)

Sumber: kilat
Foto: Ilustrasi tol bawah laut di IKN Kaltim/Net
×
Berita Terbaru Update
close