Pindad Punya! Intip 4 Fakta Unik Mobil Tunggangan Presiden Prabowo Subianto saat Pelantikan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pindad Punya! Intip 4 Fakta Unik Mobil Tunggangan Presiden Prabowo Subianto saat Pelantikan

Minggu, 20 Oktober 2024 | Oktober 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-20T12:57:40Z

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden, Prabowo-Gibran diwarnai dengan hadirnya sebuah SUV gagah berwarna putih yang menjadi tunggangan presiden terpilih tersebut.

Uniknya, SUV ini mengusung hadir dengan tampang asing, sehingga tentu bikin publik penasaran. Mobil apa gerangan? Berikut 4 fakta unik tentang tunggangan Prabowo saat pelantikan.

Plat "Indonesia 1'

Mulanya, sebelum pelantikan, plat nomor Indonesia 1 dipakai oleh mobil kepresidenan Mercedes-benz hitam tunggangan Joko Widodo saat tiba di Gedung MPR. Namun saat meninggalkan lokasi, plat tersebut berpindah ke SUV putih yang digunakan oleh Prabowo.

Mobil Pindad

SUV tersebut merupakan Maung Garuda, yang merupakan racikan Pindad. Meski sama-sama mengusung embel-embel "Maung", namun Maung Garuda ini hadir dengan muka yang berbeda.

Rupanya, Mobil tersebut mengusung platform MV3 Garuda Limousine, yang merupakan kembangan terbaru dari MV3 didesain secara khusus dengan mengakomodir arahan langsung dari Presiden Prabowo.

Bobot jumbo, begini performa mesinnya

Mobil ini memiliki bobot 2.95 ton, dengan mesin berdaya 199 daya kuda plus transmisi otomatis 8 percepatan dengan kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam.

Anti peluru

Mobil ini rupanya dilapisi dengan armor yang tahan terhadap amunisi kaliber 7.62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193. Tak cuma itu, tersemat pula kaca anti peluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Sumber: suara
Foto: Presiden Prabowo Subianto melintas dan menyapa warga di Bundaran HI, Jakarta, pada Minggu (20/10/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
×
Berita Terbaru Update
close