Respons Jokowi Usai 16 Menterinya Menghadap Prabowo: Namanya Keberlanjutan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Respons Jokowi Usai 16 Menterinya Menghadap Prabowo: Namanya Keberlanjutan

Selasa, 15 Oktober 2024 | Oktober 15, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-15T14:22:26Z

Presiden Joko Widodo atau Jokowi merespons langkah Prabowo Subianto memanggil para calon menteri ke Kertanegara, Jakarta Selatan. Jokowi menegaskan hal itu merupakan hak prerogatif presiden terpilih.

Sebelumnya siketahui pada Senin (14/10/2024) kemarin, Prabowo memanggil 49 orang calon menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pemanggilan terus berlanjut pada hari ini.

"Yang pertama, itu adalah hak prerogatif presiden terpilih, bapak presiden Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto. Itu hak prerogatif. Siapapun yang dipilih kita semuanya menghargai," kata Jokowi di Aceh, Selasa (15/10/2024).

Tercatat dari 49 total calon menteri yang menghadap Prabowo ke Kertanegara pada Senin kemarin, 17 di antaranya merupakan wajah lama yang mengisi kabinet pemerintahan Jokowi. Sejumlah 17 orang itu terdiri dari 16 menteri dan 1 wakil menteri.

Menurut Jokowi, para menteri yang kemungkinan kembali bertugas di kabinet mendatang tentu sudah atas pertimbangan Prabowo.

"Mengenai kurang lebih 15 atau 16 menteri di kabinet sekarang yang juga dipilih oleh Bapak Prabowo Subianto itu juga saya kira melalui pertimbangan matang, melalui seleksi-seleksi, melalui pengalaman beliau bergaul dan berinteraksi selama 5 tahun," kata Jokowi.

Jokowi sekaligus menanggapi para menteri yang dipanggil tersebut mayoritas dari bisang ekonomi. Menurutnya hal tersebut menunjukan adanya keberlanjutan.

"Dan memang hampir tim ekonomi yang ada memang, yaitu yang namanya keberlanjutan ya itu," ujarnya.

16 Menteri Jokowi Menghadap Prabowo

Presiden terlilih Prabowo Subianto telah memanggil 49 calon menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara Nomor IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Total dari nama yang dipanggil, 30 persennya merupakan nama-nama lama, yakni menteri era pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelumnya, mengenai kabar Prabowo bakal memboyong nama-nama menteri era Jokowi ke kabinetnya mendatang sudah disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"Ada beberapa nama yang sekarang duduk sebagai menteri kemudian kembali menduduki pada pos yang sama atau berbeda," kata Muzani di komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/10/2024).

Muzani menyampaikam alasan mengapa menteri-menteri dari kabinet pemerintahan Jokowi turut diboyong bekerja di kabinet pemerintahan Prabowo.

"Ada beberapa yang cukup competible cukup bagus untuk duduk lagi sebagai menteri," kata Muzani.

Tercatat ada 16 menteri dan 1 wakil menteri Jokowi yang turut menghadap Prabowo ke Kertanegara pada Senin kemarin. Nama-nama menteri dan wamen tersebut di antaranya:
  1. Menteri Sosial, Saifullah Yusuf
  2. Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Agus Harimurti Yudhoyono
  3. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian
  4. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan
  5. Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia
  6. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang
  7. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno
  8. Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono
  9. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman
  10. Menteri BUMN, Erick Thohir
  11. Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo
  12. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin
  13. Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto
  14. Menteri Keuangan, Sri Mulyani
  15. Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas
  16. Menteri Investasi/BKPM, Rosan Roeslani
Sementara iru wakil menteri yang ikut menghadap Prabowo ke Kertanegara, yakni Wamen Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni.

Sumber: suara
Foto: Presiden Jokowi usai meresmikan Gedung Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) di Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong, Aceh Besar, Selasa (15/10/2024). (Agus Setyadi/detikSumut)
×
Berita Terbaru Update
close